Miku Song

Miku Song

Jumat, 29 April 2016

Cosplay For Fun,tapi bukan asal pakek kostum

Cosplay, secara istilah merupakan gabungan kata “costume” yang berarti kostum atau pakaian dan “play” yang artinya bermain. Istilah ini merupakan istilah buatan Jepang yang merupakan serapan dari Bahasa Inggris atau disebut juga wasei-eigo. Cosplay secara harafiah berarti suatu kegiatan menggunakan pakaian yang mirip seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, video game, penyanyi, dan seorang musisi lengkap dengan tata rias dan aksesorisnya. Nggak cuma itu, seorang cosplayer juga melengkapi penampilannya tersebut dengan menirukan adegan atau gerakan mirip dengan tokoh manga/anime yang diperankannya. Seorang cosplayer biasanya juga disebut sebagai coser.
Banyak yang mengira kalo cosplay ini berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Padahal, cosplay sendiri berasal dari kebudayaan Amerika Serikat. Kala itu, tahun 1960an, banyak sekali beredar film fiksi ilmiah di Amerika Serikat, salah satunya Star Trek. Dari situlah sering sekali diadakan konvensi fiksi ilmiah. Para peserta konvensi ilmiah diharuskan menggunakan kostum seperti yang digunakan oleh tokoh-tokoh dalam film fiksi ilmiah tersebut. Saat itu, orang yang menggunakan kostum bukanlah suatu hal yang aneh di Amerika Serikat. Sebab, budaya Amerika Serikat memang udah mengenal pesta topeng seperti pada perayaan Halloween dan Paskah.
Akhirnya penyelanggaraan konvensi fiksi ilmiah merambah ke Jepang di tahun 1970-an dalam bentuk costume show. Tepatnya pada tahun 1978, konvensi fiksi ilmiah pertama kali diselenggarakan. Mari Kotani, seorang kriktikus fiksi ilmiah, menggunakan kostum seperti tokoh dalam cerita A Fighting Man of Mars karya Edgar Rice Burroughs. Sayangnya, para peserta konvensi salah sangka dengan menganggap Mari Kotani menggunakan kostum tokoh manga Triton of the Sea karya Osamu Tezuka. Maka, pada konvensi fiksi ilmiah selanjutnya, banyak peserta yang menggunakan kostum tokoh manga.

Macam-macam cosplay

Berikut beberapa kategori dalam Cosplay yang paling terkenal

1.Cosplay Anime/Manga
Cosplay yang satu ini biasanya mengambil model dari anime atau manga. Para cosplayer mengambil contoh kostum yang sama persis dengan salah satu karakter pada anime/manga. Nggak jarang, komik Barat juga jadi model.

2.Cosplay Game

 Cosplay yang ini menggunakan model dari karakter Game

3.Cosplay Tokusatsu

Karakter yang dijadikan model cosplay merupakan karakter-karakter yang muncul dalam serial/film Tokusatsu. Yang paling sering sih dari serial Masked Rider.


4.Cosplay Gothic


Cosplay yang satu ini mengambil karakter dengan nuansa gelap dan gothic. Para cosplayer biasanya sering menggunakan tema Lolita.

5.Cosplay Dongeng
karakter yang digunakan berasal dari tokoh dongeng maupun legenda sekitar.Mungkin seperti Si Pitung,gatotkaca dan sebagainya. 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar